1 2 3 4
 



Rabu, 28 September 2016

PENGARUH SENAM PAUD CERIA TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD TARBIYATUSH

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Abstrak Riset Dosen Poltekkes Majapahit - Dibaca: 336 kali



PENGARUH SENAM PAUD CERIA TERHADAP  KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD TARBIYATUSH SHIBYAN DESA GAYAMAN KECAMATAN MOJOANYAR KABUPATEN MOJOKERTO

 Zulfa Rufaida, S.Keb.Bd, M.Sc

Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Majapahit Mojokerto

Jl. Raya Gayaman Km.02 Mojoanyar Mojokerto

zulfarufaida@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Motorik kasar adalah kemampuan gerak tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagian besar atau seluruh anggota tubuh. Dilakukanya senam PAUD ceria sangat membantu perkembangan anak perkembangan motorik mencakup dua klasifikasi, motorik kasar dan motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Senam PAUD Ceria terhadap kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun.

Jenis penelitian ini adalah pra eksperimental, pendekatan One-group pra-post test design. Populasinya semua anak PAUD tarbiyatush Shibyan Desa Gayaman Kec. Mojoanyar Kab. Mojokerto usia 3-4 tahun dengan sampel sebanyak 22 responden diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi  yang dilakukan pada tanggal 10 Nopember – 08 Desember 2015 dengan tahap observasi sebelum senam PAUD dan setelah senam PAUD. Analisis data menggunakan  uji normalitas yang bertujuan untuk mencari nilai mean, median dan modus.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa hampir setengahnya kemampuan motorik kasar responden sebelum melakukan senam PAUD Ceria dalam kategori tinggi sebanyak 9 anak (42,9%) Mean 6.00. Setengahnya kemampuan motorik kasar responden setelah melakukan senam PAUD Ceria dalam kategori tinggi sebanyak 14 anak (66,7%) mean 6.57 beda mean 0.57.

Terjadi peningkatan kemampuan motorik kasar setelah melakukan senam PAUD ceria, setelah dilakukan senam PAUD ceria dihasilkan nilai mean 6.57 dan beda mean 0.57.

Diharapkan pada institusi PAUD untuk menambahkan variasi senam yang ditujkukan pada perkembangan motorik halus sebagai penyeimbang adanya senam PAUD ceria yang mengedepankan motorik kasar. sehingga perkembangan anak menjadi sempurna dan seimbang yaitu dengan menambah kegiatan ekstra yang dilakukan diluar sekolah, seperti out bount.

 

Kata Kunci :  Kemampuan  Motorik  Kasar Anak Usia 3-4 Tahun, Senam PAUD Ceria